Kakan Kemenag Kubu Raya Perkuat Moderasi Beragama Siswa Baru MAN 1 Kubu Raya

Kakan Kemenag Kubu Raya Perkuat Moderasi Beragama Siswa Baru MAN 1 Kubu Raya

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, H. Ruslan, S.Ag., MA memberikan materi moderasi beragama terhadap siswa baru Madrasah Aliyah Negeri 1 Kubu Raya. Materi moderasi beragama tersebut disampaikan beliau dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang dilaksanakan pada hari Selasa (9/7).

MATSAMA merupakan kegiatan awal masuk madrasah untuk memperkenalkan program, sarana prasarana madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Melalui kegiatan ini, siswa baru diharapkan siap secara mental mengikuti proses pembelajaran di MAN 1 Kubu Raya.  

Berdasarkan pedoman pelaksanaan MATSAMA tahun 2024, moderasi beragama menjadi salah satu materi wajib yang harus disampaikan kepada siswa baru.

Dalam kesempatan tersebut, H. Ruslan, S.Ag., MA menjelaskan bahwa orang yang moderat adalah orang yang sanggup menghargai adanya perbedaan. Perbedaan dalam agama, suku, jenis kelamin, dan lainnya merupakan suatu keniscayaan bagi manusia.

“Perbedaan itu suatu keniscayaan, sesuatu yang tidak bisa tidak. Tidak mungkin Allah menciptakan manusia itu hanya laki-laki, atau hanya perempuan. Begitu juga dalam konteks beragama, suku, dan lain-lain. Jadi, hargai perbedaan, karena perbedaan itu suatu keniscayaan” jelasnya.

Di akhir kesempatan itu, beliau berpesan kepada siswa-siswi baru MAN 1 Kubu Raya agar mereka membuat peradaban yang baik di MAN 1 Kubu Raya.

“Mumpung kalian memiliki kesempatan belajar di madrasah ini, buatlah peradaban yang baik” pesannya. (HUMAS)