Waka Kurikulum MAN 1 Kubu Raya Jadi Pemateri In House Training Penyusunan Modul Pembelajaran

Waka Kurikulum MAN 1 Kubu Raya Jadi Pemateri In House Training Penyusunan Modul Pembelajaran

Yayasan Pendidikan Raudhatul Ulum Kubu Raya menggelar kegiatan In House Training (IHT) penyusunan modul pembelajaran. Dalam kegiatan tersebut, Salman, S.Pd, Waka Kurikulum MAN 1 Kubu Raya berkesempatan menjadi pemateri. Kegiatan yang diikuti oleh 33 dewan guru MTs Raudhatul Ulum I Meranti dan MA Raudhatul Ulum Meranti tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (21/12).

Registrasi peserta dibuka dari kam 07.00 hingga 07.30 dilanjutkan dengan kegiatan breakfast hingga pukul 08.00 serta dilanjutkan dengan acara sambutan dari kepala madrasah hingga pukul 08.30. Kegiatan IHT untuk sesi pertama dimulai tepat pukul 08.30 hingga pukul 09.30 dilanjutkan dengan coffee break dari pukul 09.30 hingga pukul 09.45 dilanjutkan dengan praktik penyusunan modul hingga pukul 12.00. Usai Ishoma, kegiatan dilanjutkan dari pukul 13.00 hingga pukul 15.00. Di sela-sela kegiatan, pemateri juga sambal memberikan beberapa kegiatan ice-breaking untuk memastikan peserta tetap konsentrasi dan semangat mengikuti kegiatan.

Dalam sambutannya, Badrultamam Rosdi, M.Pd selaku Kepala MA Raudhatul Ulum Meranti berpesan agar dewan guru dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius. Ia meminta mereka untuk tidak copy-paste materi dari internet tanpa diseleksi atau dibaca isinya. Ia meminta para peserta untuk mempersiapkan dan menyusun materi dalam modul dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mensosialisasikan salah satu program madrasah yaitu penggunaan Kartu Digital yang digunakan oleh siswa dan guru dalam banyak hal seperti rekam presensi. Selain itu juga kartu tersebut bisa digunakan oleh siswa dan guru sebagai alat transaksi di Meranti Mart yang akan dilaunching dalam waktu dekat. Ia meminta kepada guru untuk sambil mensosialisasikan penggunaan kartu tersebut kepada siswa. Ia berharap program tersebut menjadi tonggak awal perubahan besar dalam hal digitalisasi. Ia meminta jika ada kekurangan atau masalah agar dapat memberikan masukan kepada petugas yang sudah diberikan tanggungjawab.

Di akhir sambutannya ia berharap jika ada ide-ide cemerlang dari dewan guru untuk kemajuan madrasah dan pesantren agar bisa disampaikan supaya bisa didiskusikan lebih jauh. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut juga bisa menjadi amal jariyah.

Di akhir kegiatan IHT, panitia membagikan doorprize kepada 6 peserta yang beruntung. Ada pun keenam peserta tersebut adalah Lutfiah, M.Pd., Haninah, S.Pd., Muhdar Mu’as, S.Pd.I, Syaiful Anwar, S.Pd., Abdul Hafidz, dan Yunus, S.Pd.I. (slm.mankr)

Leave A Comment